Minggu, Juli 05, 2009

The Master - 20 - Duel Final (03 Juli 2009)


Maaf saya terlambat untuk nge-post episode The Master ini. Mungkin info ini sudah basi sekarang, tetapi tidak ada salahnya jika saya bahas ulang Duel Final The Master season 3 ini. Pada episode ini The Master tayang lebih awal, yaitu sekitar pukul 20.00 WIB, ditayangkan live dari ICC Kemayoran Jakarta.

Sinopsis:
Pertandingan akhir di The Master Season 3, antara Rizuki (Princess of Magic) vs Bayu Gendeng (Psycho Magician) dengan 2 latar magic yang berbeda yaitu Classic/ Ilussion Magic vs Faqir/ Extreme Magic.

Dewan juri:
1.Deddy Corbuzier
2.Romy Rafael
3.Melissa Karim
4.Baim Wong

Berikut ulasan lengkap yang disertai komentar dari dewan juri dan saya sendiri:

Aksi pembuka dibawakan oleh Deddy Corbuzier dan Limbad. Deddy menjawab tantangan Limbad dulu saat dia membengkokkan linggis. Seperti biasa Limbad menggunakan gigi dan lengannya untuk membengkokkan linggis tersebut, sedangkan Deddy dengan kekuatan pikiran. Menurutku aksi Deddy lebih spektakuler karena tidak melalui proses yang kasat mata, tiba-tiba saja linggis tersebut bengkok sendiri.Tetapi aksi ini bukan untuk membandingkan siapa yang lebih baik,melainkan perbedaan 2 aliran magic seperti Rizuki dan Bayu Gendeng yang akan bertarung untuk memperebutkan gelar The Master season 3.

1.Rizuki (Act I)
Pada aksi pertama ini Rizuki memperlihatkan keahliannya dalam seni ilusi. Dia mempersembahkannya untuk ibunya yang telah membantunya untuk mengejar impian dia yang tinggi di atas langit. Diumpakan dengan aksi Levitation (melayang) dan mencabut bintang di ketinggian.

Komentar dewan juri:
-Deddy:tidak suka dengan penampilan Rizuki,karena tidak terlihat cantik,ekspresi Rizuki biasa-biasa saja saat melayang, tetapi suka dengan pilihan permainannya
-Romy : bagus,saya harap kamu menjadi next the master, penuh pengalaman karena terlahir di keluarga pesulap
-Melissa:terlihat cantik
-Baim Wong:saya kira ada penyangga di bawah kamu,ternyata tidak ada,luar biasa

Komentar saya:
Aksi Rizuki ini bagus, membuat saya takjub dengan aksi melayang itu. Applause buat Rizuki!

2.Bayu Gendeng (Act I)
Memperkenalkan kuliner dunia gendeng. Memasak Nasi Goreng Gendeng dengan lauk pauk berupa kaca,paku,obat nyamuk,dll. Merendam tangan di dalam minyak panas. Dibantu oleh Baim Wong dan seorang penonton. Permainan ini dipersembahkan untuk almarhum ibunda Bayu Gendeng.

Komentar dewan juri:
-Deddy:yang saya suka dari kamu hanyalah karakter kamu yang kuat,sisanya tidak
-Romy:aksi kamu bagus sekali, kalau dimainkan di panggung The Mas-Mas (nyindir Bayu Gendeng), lawannya terbang ini malah buat nasi goreng, sama sekali tidak seimbang,ini kan panggung The Master tapi mana unsur magic-nya? Benar-benar tidak terasa jadi so what magic.
-Melissa:kamu memang benar-benar gendeng, biarlah yang terbaik dia yang menang
-Baim Wong:luar biasa,minyak yang tadi saya sentuh memang asli sangat panas

Aksi ini diakhiri dengan Limbad memakan nasi goreng aneh buatan Bayu Gendeng, sehingga membuat Master Deddy tertarik untuk mempertandingkan Limbad vs Gendeng, tetapi entah kapan itu akan terlaksana...

Komentar saya:
Urgh...Aksi yang sangat tidak jelas dan buruk. Memang benar kata Master Romy, setelah melihat aksi levitation-nya Rizuki lalu melihat aksi Bayu Gendeng ini, benar-benar tidak seimbang dan tidak istimewa. Lalu nasi goreng itu menjijikkan sekali tampaknya. Jelas-jelas kalau Limbad vs Bayu Gendeng saya akan mendukung Limbad yang lebih professional, walaupun sebenarnya saya kurang suka dengan fakir/extreme magician.

Diselingi dengan aksi Master Tarno dan Master Joe Sandy. Seperti biasa Master Tarno bermain traditional magic, tidak begitu istimewa karena mirip dengan aksi beliau yang sudah dimainkan dulu. Master Joe juga kembali memainkan magic square andalannya. Kenapa dia mengulang-ulang permainan ini ya? Dengan ini dia sudah 3 kali mempertunjukkan aksinya ini. Tetapi untunglah sesudahnya dia memainkan manipulasi 3 utas tali yang membuat dirinya mendapatkan standing applause dari para penonton studio. Saya lebih menikmati permainan manipulasi ini daripada magic square tersebut.

3.Bayu Gendeng (Act II)
Kalau di dunia waras ada yang namanya "Bambu Gila", maka di dunia gendeng ada yang namanya "Bambu Gendeng". Dia menghipnotis 8 orang penonton dengan kobaran api yang dimainkannya. Lalu mereka pun seperti kesurupan dan berputar-putar di lantai yang penuh batu bara yang panas hingga berjatuhan 1 per 1.

Komentar dewan juri:
-Romy : untuk permainan hipnotis,tidak ada proses yang jelas. Lagi-lagi lebih cocok dimainkan di The Mas-Mas, lawannya terbang ini malah main bambu.
-Baim Wong : ini seperti degradasi (penurunan), saat saya melihat Limbad dari awal hingga final, dia membawakan permainan yang semakin klimaks, sedangkan Bayu Gendeng malah kebalikannya.
-Melissa : saya suka kamu karena lucu, tetapi kenapa itu semua tidak ada tadi?
-Deddy : setuju dengan Baim Wong dan Melissa, ada degradasi dan saya suka kamu karena komedi yang dibawakan, tetapi itu semua hilang pada aksi kamu ini (dijawab oleh Bayu Gendeng bahwa dia tidak ingin melucu karena ingin menghormati permainan bambu gila ciptaan leluhurnya, tetapi jawaban ini dianggap Deddy tidak menjawab pertanyaan Melissa)

Komentar saya:
Saya juga suka Bayu Gendeng hanya karena komedinya yang bisa membuat saya tertawa setiap menit, tetapi itu semua tidak ada sehingga membosankan karena kemampuan Bayu Gendeng kalah jauh jika dibandingkan Rizuki.

Master Deddy Corbuzier pun beraksi tentang pilihan. 4 orang dipilih secara acak, 3 cowok dan 1 cewek. Mereka disuruh memilih salah 1 warna dari 4 variasi warna kursi. Sesudah itu, mereka memikirkan angka dari 1 hingga 4 sebagai tanda amplop yang akan diberikan pada masing-masing orang. Ternyata di dalam amplop tersebut ada kertas yang menandakan warna kursi yang mereka duduki dan semuanya benar. Tidak hanya itu, saat kertas tersebut dibuka, terdapat 3 simbol pria dan 1 wanita dan bukanlah Master Mentalist jika ada kesalahan dong ;).Saat kursi tersebut dibalik, tersusun sebuah kata, apa lagi kalau bukan T.O.P.1,haha...Tetapi sayangnya permainan ini pernah dimainkan Deddy saat episode perdana Master Mentalist walau ada sedikit perbedaan, tetapi tetap menghibur kok.

4.Rizuki (Act II)
Rizuki bermain Classic Magic disertai dengan BGM yang energik membuat suasana studio menjadi bangkit kembali. Dia mengeluarkan banyak burung merpati dalam beragam warna dari objek yang beragam pula. Dari sebuah kotak dikeluarkan burung hantunya Limbad. Lalu dari sebuah kandang burung yang kecil saat ditutupi tirai keluarlah Limbad yang membuat penonton studio takjub dan memberikan Rizuki standing applause.

Komentar dewan juri:
-Deddy : inilah permainan yang ditunggu-tunggu dari Rizuki. Kamu terlihat benar-benar seorang "Rizuki". Lalu pengeluaran Limbad di akhir permainan merupakan suatu klimaks yang sempurna. Kamu layak menjadi pemenang The Master Season 3, tetapi bukan menjadi The Master itu sendiri.
-Melissa : kamu sangat cantik dan kamu adalah kandidat favorit saya sekarang.
-Romy : permainan seperti inilah yang pantas dimainkan di panggung The Master, bukan asal-asalan (singkat kata memberikan komentar positif)
-Baim Wong : saya tidak bisa berkomentar apa-apa, saya sudah menulis di note saya "Rizuki, semoga kamu menjadi The Master season 3"

Komentar saya:
Waw, komentar juri selalu positif akan aksi Rizuki di episode ini. Saya setuju dengan mereka semua. Terutama untuk permainan klasik yang sudah saya tunggu-tunggu ini sangat membuat saya kagum dengan keahlian Rizuki. Saya langsung yakin bahwa Rizuki memang pantas menjadi The Master season 3.

Giliran Master Romy Rafael beraksi. Permainannya sederhana yaitu suit batu-gunting-kertas. Cukup menghibur dan lucu.

Akhirnya Dark Angel pun keluar dari kediamannya dan dia menarik jubah....Bayu Gendeng! Berarti pula bahwa Rizuki adalah pemenang The Master season 3. Jumlah perolehan terakhir yaitu Rizuki 63,04% dan Bayu Gendeng 36,96%.

Tetapi perjuangan Rizuki untuk menjadi seorang Master yang sejajar dengan Master Deddy, Master Romy dan Master Joe belumlah berakhir, dia masih harus melawan pemenang dari para kandidat Season 4 !

8 calon kandidat season 4 ini adalah:
1.Cosmo - Faqir
2.Russel - Mentalist
3.Ivan - Close-up
4.Jeva - Hipnotist (wanita)
5.Edo Shadow - Escapologist
6.Della - Faqir (wanita)
7.Taufan - Classic
8.Bp.Isak - Extreme

Ke-8 calon kandidat ini akan langsung dieliminasi 3 orang dalam episode War of Magic Jumat depan untuk mendapatkan 5 kandidat asli The Master season 4. Sistem yang sama saat penentuan kandidat season 2 dulu, yang berarti keputusan dewan jurilah yang berperan, tidak melalui polling SMS. Saya sih berharap Russel, Ivan, Jeva, Edo Shadow dan Taufan yang terpilih, tetapi hanya bisa pasrah dengan pilihan para juri ya ;)

Final Impression:
Episode ini sudah mengobati kekecewaan saya pada episode Duel Reunion minggu lalu, khususnya karena performa Rizuki yang menakjubkan (tidak lupa juga Master Deddy, Master Romy dan Master Joe ^^). Melihat Rizuki yang menang tidak membuat saya kaget karena performa Bayu Gendeng memang kurang maksimal. Season 3 tidaklah sempurna, tetapi tidak buruk juga. Mereka masih dapat bertahan hingga sekarang walau saya tahu banyak sekali penonton yang kecewa denga kualitasnya. Saya cukup penasaran dengan 8 calon kandidat baru ini. Semoga Season 4 lebih bagus lagi dari ketiga season pendahulunya.

1 komentar:

  1. semoga Taufan lolos jadi kandidat season 4, soalnya dia cute sih ^^

    BalasHapus

Boleh comment apa saja, asal tidak berbau SARA dan tidak berupa hinaan yang menjatuhkan pihak lain.Terima kasih banyak atas komentar Anda ^^