Sabtu, Juli 18, 2009

The Master - 22 - Duel Best Six (17 Juli 2009)

Sinopsis :
Setelah terpilih 6 kandidat baru untuk menantang Rizuki di final nanti, dimulailah pertarungan antar kandidat untuk tetap bertahan di panggung The Master. Tereliminasi 1 orang kandidat pada episode ini dan tersisa 5 kandidat yang masih bertahan.

Dewan juri:
1.Deddy Corbuzier
2.Romy Rafael
3.Melissa Karim
4.Sogi

Aksi pembuka dibawa Deddy Corbuzier seperti biasa. Dia bermain close up magic yang sedikit mirip dengan yang dilakukan Ivan pada minggu lalu yaitu close up illusionist yang menggunakan koin. Deddy mampu memindahkan sebuah koin dari tangan kanan ke tangan kirinya dengan melemparnya secara cepat. Lalu dipersulit lagi karena ditaruh sebuah papan pembatas yang tidak memungkinkannya melempar koin tersebut ke tangan satunya karena pasti terhalang papan tersebut, tetapi dia dapat memindahkannya layaknya ilusi. Terakhir, 1 buah koin ditandatangani Melissa lalu ditembuskannya ke sebuah botol melalui bagian bawah botol tersebut.

Keenam kandidat pun memulai aksi terbaiknya di panggung The Master.

1.Russel (Miracle Purple)
Masih seperti minggu kemarin, mentalist penggemar warna ungu ini mengemas permainannya dengan embel-embel "Who Wants To Be A Miracle". Tadinya dia akan memilih penonton sendiri, tetapi karena ada seorang pria yang mengatakannya bohong (maksudnya ada rekayasa), maka Russel mempersilakan pria tersebut yang memilih 2 orang wanita untuk ke atas panggung. Setelah itu, 2 wanita tersebut diizinkan untuk melihat sebuah gambar wajah yang sudah dilukis secara kilat, hanya 1 detik. Lalu mereka harus mencoret-coret wajah Russel dengan 5 buah spidol beragam warna sesuai dengan ingatan gambar face painting tadi. Seberesnya, saat dicocokkan coretan di muka Russel dengan gambar tadi ternyata beda total. Tetapi ternyata dia sudah membuat prediksi lukisan seperti apa yang akan dibuat pada sebuah patung wajah yang coretannya sama persis dengan coretan di muka Russel.

Komentar dewan juri:
-Deddy : masih dragging, turun ketika dilukis-lukis karena seperti ngobrol dengan teman, momentum membuka prediksi kurang kuat (nothing), spidolnya bisa menyebabkan kanker kulit (menunjukkan kepeduliannya pada para kandidat), suka dengan konsep permainannya.
-Melissa : semakin dragging justru semakin senang karena bisa melihat Russel yang ganteng semakin lama, membawa warna baru di dunia mentalist
-Romy : tidak dijelaskan kenapa muka dilukis, jadi so what magic, kalau lolos minggu depan semoga lebih mature
-Sogi : ga terlalu dragging, membuka mata saya kalau magician itu ga harus selalu hitam

Komentar saya:
Permainannya sebenarnya menarik, tetapi cukup membosankan saat wajah Russel dilukis. Saat dia menunjukkan prediksinya kurang 'wah'.

Posisi SMS sementara:
1.Ken 30,43%
2.Russel 25,38%
3.Jeva 19,14%
4.Cosmo 15,27%
5.Ivan 8,28%
6.Edo 1,5%

Cukup mengejutkan melihat perolehan SMS Ken bisa setinggi itu padahal dia belum beraksi sama sekali.

2.Ivan (Close-Up Illusionist)
Seperti biasa, Ivan selalu mengundang seorang wanita cantik untuk bermain dengannya. Kali ini Ola Ramlan yang diundangnya. Ivan memainkan cups and ball (cangkir dan bola) beserta dengan magic wand-nya, masing-masing terdiri dari 3 buah. Ini adalah sebuah permainan yang sangat klasik dan kuno karena sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu.

Urutan permainannya:
-menghilangkan 3 bola
-memunculkan 3 bola tadi di bawah ketiga cangkir
-memindahkan bola dari sebuah cangkir ke cangkir lainnya tanpa disentuh
-bola menembus cangkir saat ditumpuk 3 susun
-2 bola dieliminasi, 1 bola yang tersisa bisa berpindah cangkir tanpa disentuh
-tiba-tiba pada cangkir tengah ada 3 buah bola di bawahnya
-padacangkir yang dipilih Ola dengan magic wand-nya keluar telur
-pada kedua cangkir sisanya juga keluar telur
-pada cangkir tengah saat diketuk dengan magic wand keluar seekor anak ayam

Komentar dewan juri:
-Romy : lebih suka yang kemarin daripada sekarang, yang kemarin lebih PD
-Melissa : dari Russel berpindah ke Ivan karena Ivan adalah tipe laki-laki yang saya suka: diem,dingin, tangannya jago, kamu adalah calon The Master dengan close up, saya yakin minggu depan kamu masih ada
-Sogi : tercekang, spektakuler, tetapi cara bicara terlalu kasar sama cewek
-Deddy : pemilihan permainan oke, agak grogi, permainan close up danger dimainkan karena bisa bocor di kamera, yang paling saya tidak suka dari kamu adalah bahasa dan gaya bicara saat pertama kali main karena kayak tukang gehu, coba diperbaiki, bila sudah maka akan sempurna

Komentar saya:
Sama seperti permainannya minggu lalu, Ivan berhasil membuat saya terkagum-kagum dengan kemampuannya, tetapi memang sedikit menurun dan dia terlihat grogi. Mungkin karena takut kebocoran triknya. Seharusnya sang kameraman diberitahukan dulu sebelum show untuk menghindari sudut-sudut pengambilan gambar yang berbahaya. Kalau masalah gaya bicaranya, saya tidak memedulikannya karena itu adalah satu faktor yang sulit diubah, lagipula saya tidak terganggu karena hal kecil itu. Sampai sekarang saya masih mendukung Ivan sebagai kandidat season 4 favorit saya.

3.Cosmo (Flamboy Fakir)
Aksinya banyak sekali dalam episode ini yaitu:
-membengkokkan koin dengan kedua jarinya
-membelah koin pakai gigi
-menghitung jumlah korek api yang diambil penonton hanya dari suara kocokan kotak korek api
-memunculkan air yang diminumnya dari kepalan tangan kosong
-makan kayu bakar yang panas dan gosong
-dipukul neon di kepalanya

Komentar dewan juri :
-Deddy : pertunjukan paling aneh, ada 6 efek permainan tetapi tidak ada konsep dan kontinuitas yang jelas, tidak teratur, lebih cocok dimainkan off air, karakter oke
-Sogi : ringan tapi menghibur, ngaco, kamu tidak akan menjadi juara The Master season 4 tetapi bakal diingat oleh para penonton
-Romy : permainan kamu bagus kalau dimainkan di The Mas-Mas: Mencari pria dari tanah Jawa, permainan off air, mudah-mudahan minggu depan sudah kembali ke jalan yang benar
-Melissa : menonton Cosmo jadi segar dan relax

Komentar saya:
Saya tidak suka Cosmo sejak pertama kali dia muncul karena aksinya terbilang biasa dan karakternya membuat saya illfeel. Permainan ini terlalu lama, sampai membuat saya bosan. Seharusnya dipotong, mungkin 3 aksi saja sudah cukup. Komedi yang dibawakannya cukup menghibur walau jarang sekali berhasil membuat saya tertawa. Bagi saya, Cosmo tidak jauh berbeda dari Bayu Gendeng dan jelaslah lebih bagus Limbad dalam aliran magic yang sama.

Posisi SMS sementara:
1.Ken 31,54%
2.Russel 21,54%
3.Cosmo 17,59%
4.Ivan 16,47%
5.Jeva 10,59%
6.Edo 2,27%

4.Jeva (Lady Hypnotist)
Jeva mengundang para pria sukarelawan ke atas panggung untuk bermain dengannya. Karena terlalu banyak, maka Jeva menentukan 'target'nya melalui gerakan bola mata mereka saat menatap gerakan jari telunjuknya. Akhirnya melalui proses yang cukup lama, terpilih 7 orang pria. Seolah-olah sedang bermain roller coaster, mereka menunjukkan ketakutannya. Seusai itu, ceritanya mereka ngompol dan harus mengeringkan celananya. Tidak cukup hanya itu, ada seorang pria yang kentut dan membuat 6 pria lainnya menutup hidung karena bau tidak sedap itu. Mereka juga diperintahkan Jeva untuk melindungi para penonton dari bau tak sedap tersebut (konsep yang sama dengan minggu lalu) di mana kali ini Bayu Gendeng menjadi korban sasaran seorang dari 7 pria itu.

Komentar dewan juri:
-Romy : bangga sekali, lebih baik dari dulu, kecepatan masih kurang, bisa dipotong separoh
-Sogi : kamu cantik sekali, penuturan bahasa diperlancar lagi
-Deddy : ga suka, secara performance lebih baik dari kemarin, tata bahasa dan intonasi kayak tukang gehu MLM, banyak posisi tidak sadar kamera karena membelakangi penonton, saya daritadi jadi melihat pantat kamu
-Melissa : ada perkembangan, lebih commanding, gerakan lebih dahsyat

Komentar saya:
Walaupun permainan Jeva terbilang lama, tetapi saya cukup menikmatinya jika dibandingkan dengan Cosmo karena saya tertawa melihat aksi para 'korban' hipnotis Jeva itu. Tetapi konsep permainan ini sama persis seperti minggu lalu, hanya berbeda di alur ceritanya saja. Saya berharap Jeva dapat membawakan permainan yang berbeda minggu depan, mungkin bisa melihat dari keragaman permainan Romy Rafael. Komentar Deddy terlalu kasar karena mengucapkan kata yang tidak senonoh untuk perempuan.

Aksi selingan dimana Rizuki tampil dengan classic magicnya. Untuk apa lagi selain promosi oli sintetik : TOP 1. Akan tetapi saya senang karena bisa melihat Rizuki tampil lagi, terutama karena permainan classic-illusion-nya itu.

Posisi SMS sementara:
1.Russel 25,35%
2.Ken 22,43%
3.Cosmo 18,61%
4.Jeva 17,46%
5.Ivan 9,44%
6.Edo 6,71%

5.Edo (The Shadow)
Pertama, Edo dirantai, lalu dimasukkan ke dalam sebuah karung. Karun tersebut diikat dengan kencang pada bagian atasnya sehingga Edo sulit untuk keluar. Lalu dia dimasukkan ke dalam mobil yang terkunci rapat. Di sekeliling mobil tersebut terdapat 9 orang pria yang bergandengan tangan membuat sebuah lingkaran dengan posisi badan membelakangi mobil, untuk menghalangi mobil tersebut keluar. Tirai ditutup untuk beberapa detik, dan saat dibuka mobil tersebut sudah menghilang, hanya tersisa Edo yang masih berada di dalam karung. Edo terlihat sedang berusaha membuka ikatan pada karung tersebut dengan tangannya yang sudah terbebas dari jeratan rantai. Tirai ditutup kembali, saat dibuka Edo sudah menghilang dan berpindah tempat di kejauhan bersama dengan mobil tadi.

Komentar dewan juri:
-Deddy : saya bingung, semua permainan kandidat bagus-bagus, tetapi pembawaannya jelek, penekanan bahwa mobilnya hilang tidak dijelaskan, ga dapet momentnya, pemilihan EYD jelek karena ada kata-kata seperti selamet, malem, konci, dll
-Melissa : untuk seorang yang bebannya berat bisa tampil lebih bagus dari minggu lalu
-Romy : scripting masih berantakan, lebih bagus dari yang kemarin
-Sogi : biar Master Deddy tidak mengomentari EYD-mu, lebih baik kamu ganti kostum saja

Komentar saya:
Saya setuju dengan pendapat Melissa dan Romy. Edo yang memiliki beban berat karena penampilannya minggu lalu yang mengecewakan telah berhasil menunjukkan permainan yang lebih baik. Akan tetapi, Edo masih kurang sekali dalam berbicara karena terbata-bata dan tidak jelas. Momentum saat Edo tiba-tiba memunculkan dirinya di atas mobil itu kurang kuat dibandingkan dengan saat Rizuki menampakkan dirinya di dalam studio setelah menghilang dari penjara air.

Aksi spesial pun dibawakan oleh seorang magician berumur 24 tahun yang sudah 18 tahun bergelut di dunia magic, dia adalah sahabat Rhomedal saat bertemu di Vietnam (atau Thailand? maaf saya lupa sekali), namanya adalah Mike Chao. Dia menunjukkan kecepatan tangannya dalam bermain classic magic. Dengan peralatan yang sangat sederhana yaitu kertas,sisir,bola dan kartu, aksinya sangat memukau saya. Dari sisi BGM yang indah, ritme dan gerakan tangan yang unik, menurut saya Mike lebih baik dibandingkan Rhomedal. Tidak terlewatkan kebiasaannya menyisir rambutnya dengan sisir hijaunya selama permainan (Rhomedal juga pernah meniru gerakan ini) membuat karakternya sangat menawan. Tetapi bukannya saya menjelekkan Rhomedal, tentu saja dari sisi tengil dan energi, Rhomedal menang dong!

Posisi SMS sementara:
1.Russel 27,24%
2.Jeva 22,45%
3.Ken 16,97%
4.Cosmo 14,83%
5.Ivan 14,05%
6.Edo 4,46%

Melihat posisi Edo yang selalu terbawah sampai sejauh ini, walau dia sudah merampungkan aksinya, sudah sangat jelas bahwa Edo akan tereliminasi di minggu ini.

6.Ken (Classic Fantasy)
Aksinya selalu dipadu dengan teatrikal opera (tanpa dialog) yang menarik. Kalau minggu lalu bersetting di sebuah bar, maka sekarang bersetting di sebuah arena sirkus. Ken menunjukkan beberapa aksi magic yaitu memiringkan tubuh seolah-olah melawan gravitasi, memunculkan bara api di kedua tangannya (walaupun gagal), membuat ilusi bola melayang yang menarik-narik tubuhnya,dan terakhir memunculkan seekor anjing di sebuah kandang kosong setelah tirai dibuka.

Komentar dewan juri:
-Deddy : suka dengan konsepnya, kurang suka dengan preparation (persiapan) permainan sendiri
-Sogi : kemasannya menarik, tetapi apakah kamu nombok dengan banyaknya asisten itu, pokoknya keren
-Romy : hancur-hancuran, etos kerja ga ada, tampang saja tidak cukup di The Master, kamu harus memperlakukan in sebagai sebuah pekerjaan
-Melissa : saya berharap kepadamu, kalau minggu depan ga bagus gua setrum!

Komentar saya:
Sebenarnya persiapan panggung seperti ini terbilang mewah, apalagi sampai menyewa para badut sirkus untuk memeriahkan suasana, sayangnya justru Ken-nya sendiri sangat minim persiapan karena aksi magic yang ditampilkan terlalu kurang dibandingkan teatrikalnya, juga beberapa alatnya rusak sehingga menyebabkan kebocoran yang pasti disadari oleh para penonton, apalagi karena sudut pengambilan kamera yang salah. Komentar Romy terlalu kejam, walaupun ada benarnya juga karena Ken menggunakan kegantengan wajahnya untuk mengundang dukungan para cewek. Tetapi saya masih berharap Ken dapat menampilkan aksi yang lebih baik minggu depan, semoga kadar magicnya lebih besar dibandingkan teatrikalnya karena itulah yang menjadi santapan para penonton The Master.

Posisi SMS sementara:
1.Jeva 23,51%
2.Ken 21,49%
3.Russel 15,70%
4.Cosmo 15,52%
5.Ivan 14,25%
6.Edo 6,54%

Romy Rafael pun beraksi. Ditunjuk seorang wanita ke atas panggung. Lalu dia memberi instruksi apa yang harus dilakukan oleh wanita itu yaitu mengintip sekilas sebuah kartu dari tumpukan kartu terikat yang dibukanya secara random. Wanita itu pun memejamkan matanya. Pada saat ini, Romy diam-diam menukar tumpukan kartu tadi dengan tumpukan kartu yang kosong (tanpa angka dan gambar, putih polos). Tentu saja penonton tahu akan hal ini, tetapi Romy menyuruh mereka untuk diam. Romy pun menanamkan sugesti pada wanita tadi dengan serangkaian kalimat. Lalu wanita itu membuka mata dan mengintip tumpukan kartu polos tadi. Setelah itu, dia mengucapkan isi kartu tadi yaitu Lima Hati. Romy pun memutar ulang video saat dia menukar kartu dan menanamkan sugesti tadi. Jelas terbaca pada teks di bawah video itu bahwa terdapat kata "mene-LIMA" (maksudnya menerima) dan "memper-HATI-kan" pada rangkaian kalimat tadi yang kalau dikombinasikan menjadi Lima Hati. Epilognya Romy berpesan bahwa jangan sampai pikiran kita yang kosong layaknya kartu kosong tadi diisi dengan hal-hal yang tidak baik seperti yang telah dilakukan oleh para pengebom hotel Ritz dan JW Marriot yang otaknya telah terisi oleh pikiran negatif.

Saya suka dengan pesan Romy ini. Dia selalu menutup permainannya dengan pesan yang bermakna dan baik. Saya juga turut berbelasungkawa atas kejadian yang menimpa para korban pengeboman hotel Ritz dan JW Marriot ini. Semoga arwah mereka diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan, juga semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi ke depannya.

Setelah break untuk iklan, untuk mempersingkat waktu langsung dipanggil 2 kandidat yang memperoleh SMS terendah yaitu Ivan dan Edo. Dark Angel pun menarik jubah...EDO! Dengan ini perjalanan Edo untuk menjadi The Master pun terpaksa terhenti. Selamat untuk kelima kandidat yang masih bertahan!

Perolehan SMS terakhir:
1.Cosmo 26,19%
2.Jeva 21,05%
3.Ken 17,05%
4.Russel 14,53%
5.Ivan 14,15%
6.Edo 7,03%

Final Impression:
Pada episode ini yang terbilang sangat lama (selesai jam setengah 2 subuh) ada beberapa aksi yang membosankan dan menyenangkan. Saya sangat terhibur dengan classic magic,illusion dan hypnotist dari Deddy,Ivan, Rizuki, Mike Chao, Jeva dan Romy. Terutama untuk Mike Chao yang sudah menginspirasikan saya untuk semakin giat melatih kecepatan tangan saya,hehe... Overall, episode ini terbilang bagus di mata saya, walau saya cukup terganggu dengan teriakan histeris para fans cewek Ken itu. Mereka sangat mengganggu kelancaran acara, semoga mereka tidak melakukan hal yang sama Jumat depan. Saya jadi semakin penasaran dengan aksi mereka semua di episode minggu depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Boleh comment apa saja, asal tidak berbau SARA dan tidak berupa hinaan yang menjatuhkan pihak lain.Terima kasih banyak atas komentar Anda ^^