Minggu, Juli 12, 2009

The Master - 21 - War of Magic Part II (10 Juli 2009)


Sinopsis:
Tak terasa The Master sudah memasuki season 4. Dengan sistem yang sama saat season 2 dulu, pemilihan calon kandidat dijalankan melalui episode War of Magic, di mana 8 calon kandidat akan menampilkan aksinya untuk memukau para juri. Di sini keputusan juri adalah mutlak, SMS tidak berlaku pada episode ini.

Dewan juri:
1.Deddy Corbuzier
2.Romy Rafael
3.Melissa Karim

Berikut review ulang secara lengkap disertai komentar dewan juri dan saya sendiri:

Aksi pembuka dibawakan oleh Deddy Corbuzier. Di dalam sebuah pak kartu Deddy sudah membalikkan sebuah kartu. Lalu Deddy meminta penonton untuk menebak secara random, mulai dari merah/hitam (dijawab merah), diamond/heart (dijawab diamond), angka/gambar (dijawab angka), dan angka berapa itu (dijawab 3). Dikombinasikan menjadi kartu 3 diamond (tahu). Saat pak kartu dibuka ternyata memang benar, satu-satunya kartu yang menghadap ke bawah adalah kartu 3 diamond.

Para calon kandidat pun beraksi.

1.Cosmo
Pertama dia keluar dengan gayanya yang lumayan meyakinkan, ternyata begitu dia bicara karakternya adalah seorang banci. Tentu saja ini membuat para penonton studio tertawa, tak terlewatkan juga para juri. Pertama, Cosmo memukul-mukulkan sebuah bedog (pisau besar pemotong daging) ke tangannya tanpa luka sama sekali. Kedua, dia memanggil seorang penonton dan basist band Vagetoz ke atas panggung. Cosmo menyuruh mereka berdua menusukkan sebuah jarum besar yang tajam ke tangan mereka. Cosmo pun melakukan hal yang sama hingga jarum itu bengkok. Ketiga, dia menusukkan jarum tersebut dr pipi kanan menembus ke pipi kiri dan sebuah papan kayu kecil dengan bantuan pukulan palu. Penampilan perdananya ini disambut oleh standing applause dari para penonton. Sangat besar peluangnya untuk lolos menjadi kandidat season 4.

Komentar dewan juri:
-Deddy : permainan sederhana tetapi pembawaan bagus, saya suka
-Melissa : baru kali ini ada yang karakternya seperti kamu, saya langsung suka sama kamu
-Romy : entertaining value nya besar

Komentar saya:
Sebenarnya ada bagusnya juga fakir magic dibawakan dengan cara humoris seperti ini, tidak menegangkan melulu seperti Limbad, hanya saja saya illfeel dengan karakter bancinya seperti lambaian tangan dan suara melengkingnya ==". Aksinya yang ketiga cukup membuat pipi saya ngilu karena melihatnya ditusuk jaruk sebesar itu, tetapi nothing special karena saya sudah bosan dengan fakir/extreme magic sebagaimana pembawaanya bervariasi juga.

2.Isak (dari Aceh)
Menarik truk seberat 2,5 - 3 ton dengan kedua telinganya. Menggambarkan perjuangannya dalam memberikan hadiah pada anak tercintanya.

3. Della
Penampilan pertamanya dia dance bersama 2 dancer lainnya di atas panggung dengan diiringi BGM Agnes Monica - Godai Aku Lagi. Di sela-sela lagu, dia menunjukkan 3 aksi yaitu menahan sebuah obor panas ke tangannya, memalu pake ke dalam hidung dan mematahkan 2 bilah besi.

Komentar para juri:
-Melissa:
a.Isak : tema cerita tadi tentang perjuangan orang tua untuk anak memang sulit sekali
b.Della : pembawaan unik seperti cheerleader

-Deddy:
a.Isak : ada alternatif permainan, terlalu kaku, sisi entertain kurang, tetapi permainan oke
b.Della : gak in ke lagu, terlalu ragu-ragu, tampang kayak orang stress, banyak kesalahan saat mematikan api, harus lebih PD lagi

-Romy:
Entertainment kurang terbukti dari sedikitnya tepuk tangan penonton, so what magic, lagu Della tadi lebih cocok dipakai Cosmo.

Komentar saya:
a.Isak : memang terlalu kaku, bisa dimaklumi karena baru pertama kali tayang di layar kaca, tetapi permainan ini pernah dimainkan oleh Limbad dan justru kualitasnya di bawah Limbad karena jika telinga berbanding rambut, pasti orang-orang lebih terkagum-kagum saat truk ditarik oleh rambut karena merupakan organ tubuh yang lebih lemah dibandingkan telinga
b.Della : penggabungan dance dengan aksi extreme seperti itu kurang cocok dan terkesan setengah-setengah

4.Edo Shadow
Bergayakan seperti seorang punk lengkap dengan kaca mata hitamnya,beraliran escapologist, Edo mempertunjukkan kebolehannya dalam meloloskan diri dari 4 buah borgol di kedua tangannya dan jeratan rantai di kakinya. Dia digantung terbalik di ketinggian 8 meter dengan posisi tangan di belakang badan. Di bawahnya terdapat paku tajam dan kalajengking yang siap melukai Edo jika terjatuh dari atas. Edo berhasil membuka borgol namun gagal pada jeratan rantai di kakinya yang baru dibuka saat dia sudah kembali berdiri di permukaan.

5.Jeva
Menampilkan aksi hipnotis yang hampir sama dengan Romy Rafael. 8 orang pria duduk di atas kursi lalu ditidurkan dengan "death kiss"nya Jeva. Bercerita tentang seorang pria yang menjemput kekasihnya untuk kencan, tetapi tidak disenangi oleh ayah dari kekasih itu. 8 orang pria itu mengekspresikannya dalam gerakan tubuh. Lalu klimaksnya adalah ternyata kekasih tersebut seorang pria berjanggut. Mereka berlarian di studio mencari ciri-ciri pria seperti itu. Limbad terkena getahnya, dia dipeluk-peluk oleh 2 "korban" hipnotis itu. Karena itu, Jeva cukup mendapat tepuk tangan yang meriah.

Komentar dewan juri:
-Romy:
a.Jeva : saya senang ada seorang wanita seperti saya, penampilan oke, tempo terlalu lama, tidak ada power dalam kata-kata, musik perlu diganti
b.Edo Shadow : so what magic, tidak ada meaning, tidak ada pembuktian, kurang menegangkan

-Deddy:
a.Jeva : ada beberapa kata -kata Romy, agak gugup di awal, harusnya ada sex appeal sebagai seorang wanita, tetapi malah seperti ibu guru, dragging, ga to the point, tetapi adegan Limbad dipeluk itu sangat lucu, pasti Romy berpikir "Kenapa tidak saya pakai dari dulu adegan itu?"
b.Edo Shadow : ga ngerti berhasil atau gagal, kurang penjelasan

-Melissa:
a.Jeva : kamu seperti intan yang belum diasah, sebaiknya ditambah sex appeal di permainan
b.Edo Shadow : seperti shadow karena blur, kurang jelas permainannya, tetapi bisa memberikan rasa baru karena aliran magicnya terbilang baru di The Master

Komentar saya:
a.Jeva : memang masih ada karakter Romy padanya, tetapi terbilang fresh karena dia seorang wanita yang beraliran sama denga Romy, terutama adegan Limbad dipeluk-peluk itu nilai entertaining nya besar karena lucu (bahkan Limbad terlihat menahan ketawa)
b.Edo Shadow : kurang penjelasan, langsung bermain, walau sebenarnya penonton pasti mengerti maksudnya, dia juga kurang latihan karena gagal membuka jeratan rantai di kakinya

6.Russel
Seorang mentalist dengan setelan jas ungunya. Bermain tentang pilihan yang dia serukan "Who Wants To Be a Miracle", 5 bungkus yang berisi gelas yang ditandai dengan nomor 1-5. Satu per satu bungkus tersebut dipilih oleh 4 penonton, yang ternyata berisi barang mewah seperti gelang emas, cincin emas, jam tangan dan kunci mobil. Ternyata pada akhirnya 1 gelas yang tak terpilih berisi selembar kertas yang menyatakan bahwa dia berhak mendapatkan semua hadiah tersebut yang berarti 4 barang mewah yang sudah berada di tangan penonton tersebut ditarik kembali.

Komentar dewan juri:
-Romy : awal bagus, tetapi terlalu lama, terselamatkan oleh ending, perlu diperhatikan temponya
-Melissa : kamu ganteng banget, prepare banget, koordinasinya sangat bagus, belum jadi kandidat sudah ada pendukungnya
-Deddy : di usia segitu bagus (21), dragging, membosankan, banyak hal-hal tidak penting seperti pemberian amplop, penandatanganan, padahal penonton sudah tahu maksud dari permainan jadi tidak perlu disampaikan dari A-Z, tetapi pembawaan bagus

Komentar saya:
Saya suka dengan pembawaanya yang semangat. Tetapi permainan seperti ini tidak fresh lagi karena aliran mentalist sudah banyak di The Master. Walaupun begitu dia adalah calon kandidat yang layak berada di episode minggu depan.

Master Deddy Corbuzier pun beraksi. Sama seperti Russel, tentang pilihan. Jujur saja saya lebih suka permainan ini karena lebih singkat, to the point , dan dibawakan dengan baik. Secara dia memang sudah Master di bidang ini bukan? ;)

7.Ivan
Bermain close up illusion magic. Ditemani oleh tamu wanita cantik yaitu Alice Norin. Berikut urutan permainannya:
a.Sebuah koin dari tangannya dihilangkan dan berpindah ke atas meja. (Deddy langsung menantangnya dan menunjukkan bahwa dia juga bisa melakukan hal yang sama. Lalu Deddy meminjamkan koin Rp 500,00 dan ditandatangi oleh Melissa, untuk membuktikan memang hanya ada 1 koin, bukan 2)
b.Koin yang sudah ditandatangi tersebut dapat menembus ke dalam gelas
c.Menemukan 4 Aces dari tumpukan kartu
d.Saat 4 kartu As tersebut dibuka tiba-tiba sudah ada 4 buah koin di bawahnya
e.1 per 1 koin itu dipindah ke bawah 1 kartu seperti ilusi
f.Koin yang sudah terkumpul di bawah 1 kartu dikembalikan lagi ke posisi semula
g.4 kartu As ditumpuk di tengah dan saat dibuka terdapat koin besar Rp 500,00

Mungkin untuk lebih jelasnya, bisa Anda cari di youtube.

Komentar dewan juri:
-Deddy : karena aliran close up termasuk baru di The Master jadi memberikan sebuah kesegaran yang baru,bagus,luar biasa
-Melissa : setelah membuktikan sendiri seperti world class magic
-Romy : di FISM (sebuah perlombaan sulap tingkat dunia) juara pertama adalah permainan seperti ini, maka anda mampu menjadi The Master of Close-up magic

Komentar saya:
Saya tercengang melihat permainan ilusi yang sempurna darinya. Tidak ada kebocoran selama aksinya berlangsung. Ivan adalah kandidat yang paling pantas menjadi The Master di season 4. Saya akan terus mendukungnya mulai dari sekarang. Sekedar info, Ivan adalah ketua Magic Castle, sebuah perkumpulan pesulap Bandung yang salah satu anggotanya adalah Joe Sandy. Jadi, tidak perlu diragukan lagi bukan kemampuan sulapnya?

8.Ken
Dengan tampang oriental nan ganteng, seorang classic magician ini membawakan ala teater, jadi terdapat alur cerita dalam permainannya. Ceritanya di sebuah bar, ada seorang wanita kesepian dan diganggu oleh orang bertopeng (peran antagonis). Ken adalah seorang pelayan di bar itu (peran protagonis). Mulailah aksi Ken untuk memikat hati si gadis itu. Seperti menuangkan bir ke dalam gelas lalu gelas itu melayang tanpa gravitasi. Dari sebuah kain keluar lilin dan setangkai bunga mawar. Si antagonis tidak terima dan terjadilah pertarungan pedang yang dimenangkan oleh Ken. Ken pergi ke balik sebuah ruang kecil diikuti oleh si jahat itu. Setelah keluar, ternyata sosok di balik topeng itu adalah Ken sendiri.

Komentar dewan juri:
-Romy : kurang max, karakter sudah dapat, unik, bagus, cuma 40%
-Melissa : Ken ganteng seperti aktor Hongkong, calon-calon kandidat baru bagus-bagus,unik, beda satu sama lain, menaruh harapan besar pada Ken
-Deddy : karakter oke, suka dengan gaya dan stylenya seperti menaikkan 1 alis dan bibir, permainan oke, tetapi tidak bersih, bocor, ga max, cuma 32%

Komentar saya:
Sebenarnya saya berharap permainan classic fast hand seperti Rhomedal, tetapi ternyata berbeda. Lebih banyak teaternya daripada magic nya. Tetapi cukup mengagumkan. Pasti banyak cewek yang menyukainya karena ganteng,haha...

Lalu, pemilihan kandidat pun dimulai...
-Deddy :
a.COSMO=selamat datang di The Master season 4
b.RUSSEL=saya suka kamu, tetapi permainan kamu dragging, saya beri kamu kesempatan
c.DELLA=setelah berunding dengan para juri dan pihak RCTI, kamu masih perlu latihan, maaf, tetapi kamu belum dapat masuk ke season 4

-Melissa : IVAN=iya

-Romy : JEVA=iya

-Deddy : ISAK=setelah berunding dengan para juri dan pihak produser, kami belum bisa memasukkan kamu ke season 4

Tersisa EDO SHADOW dan KEN, Nico Siahaan memberikan kesempatan kepada para juri untuk memberikan komentarnya.

-Melissa : saya mengikuti pilihan penonton yaitu KEN

-Romy : dengan tepuk tangan... (tepuk tangan untuk KEN lebih meraih daripada EDO), jelas KEN yang lebih layak masuk season 4

-Deddy : KEN lebih baik dari EDO, permainan EDO sangat mengecewakan saya, tetapi saya ingin memakai hak veto saya, karena aliran escapologist ini terbilang baru jadi saya ingin memasukkannya ke acara The Master, tetapi lihat aksi kamu minggu depan, kalau tetap mengecewakan, maka SMS tidak berlaku untuk kamu (berbicara pada Edo).

Ternyata, untuk season 4 terdapat pengecualian karena terdapat 6 kandidat yang akan bertanding dengan Rizuki dan memperebutkan gelar The Master, yaitu Cosmo, Russel, Ivan, Jeva, Ken dan Edo Shadow.

Selamat kepada mereka semua!

Final Impression:
Ini adalah permulaan yang sangat baik untuk season 4. Para kandidat yang sudah meyakinkan ini lebih berkualitas daripada season 3. Untunglah tidak terlalu banyak aliran fakir/extreme di season 4 ini karena di mata saya itu tidak termasuk magic (di Book of Magic karangan Deddy pun ditulis begitu) . Banyaknya ragam aliran magic yang baru akan memperkaya acara The Master. Fresh-menakjubkan-penasaran,mungkin itulah yang bisa saya ungkapkan pada The Master season 4 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Boleh comment apa saja, asal tidak berbau SARA dan tidak berupa hinaan yang menjatuhkan pihak lain.Terima kasih banyak atas komentar Anda ^^